CARA MEMBUAT BUKU LIPAT ATAU BOOK FOLD PADA MS. OFFICE 2007


book fold 12Postingan kali ini di inspirasikan oleh teman saya yang menanyakan “bagaimana cara membuat satu halaman kertas bisa untuk dua halaman?”, jujur saja sebelum mengetahui cara ini saya sendiri kebingungan. Pada mulanya saya menyarankan untuk membuat halaman menjadi dua kolom, akan tetapi jika di buat dengan menggunakan frame/bingkai (border and shading) meskipun dua kolom tapi framenya tetap satu. Kemudian saya ingin mencoba agar frame/bingkai menjadi dua dalam satu halaman kertas, saya coba….dan coba…coba lagi… gagal… dan akhrinya setelah beberapa waktu dengan ketidak kesengajaan alias kebetulan saya menemukan “book fold” pada Page Setup MS. Word, setelah mencari beberapa keterangan di Mbah Gugel akhirnya jadilah tuh yang namanya buku lipat alias Book Fold. Caranya lumayan gampang kok, hehehehe… dan mudah-mudahan bisa bermanfaat buat semuanya… Langkah pertama, buka program MS. Word, kemudian pada menu bar pilih >> PAGE LAYOUT >> PAGE SETUP >> PAPER (kali ini saya pilih kertas F4/Folio karena tidak ada saya pilih Custom Size (21,5 x 33 cm) >>MARGINS (isi jarak sesuai keinginan anda) >> MULTIPLE PAGE LAYOUT (pilih (BOOK FOLD) kemudian klik OK book fold 1 Dan dibawah ini tampilan halaman book fold, terlihat seperti tampilan biasa namun dua halaman tersebut masih berada dalam satu halaman kertas. book fold 2 Tahap berikutnya yaitu menambahkan bingkai/frame, pilih >> BORDER AND SHADING book fold 3 Pada menu >> BORDER AND SHADING >> pilih Page BORDER >> pada kotak pilihan ART (pilih jenis frame pilihan anda) >> klik OPTION >> isi jarak margin terserah anda >> pada kotak MEASURE FROM Pilih TEXT dan hilangkan tanda ceklis pada kotak dibawahnya >> klik OK book fold 4 Jika frame/bingkai sudah ada maka bisa ditambahkan nomor halaman, pada menu bar pilih >>  INSERT >> PAGE NUMBER >> maka pilih dimana anda akan meletakan posisi nomor halamannya. book fold 5 Dibawah ini tampilan halaman sudah dibubuhi nomor halaman dan frame/bingkai book fold 6 Langkah berikutnya ialah membuat dokumen atau isi dari buku yang akan kita buat. book fold 7 Tahap selanjutnya ialah pencetakan atau printing, pada dasarnya print untuk BOOK FOLD sama seperti biasanya namun terletak perbedaannya yaitu pada “DUPLEX PRINTING”. Pada tampilan PRINT >> Pilih PROPERTIES >> Pilih PAGE SETUP >> untuk PAGE SIZE sesuaikan dengan kertas yang akan di cetak/print >> kemudian ceklis atau centang kotak DUPLEX PRINTING >> klik OK

book fold 8 CATATAN :

 

Penggunaan Duplex Printing ialah untuk mencetak/print halaman pada bagian depan dan belakang kertas, karena pencetakan untuk buku biasanya bolak-balik (halaman 1 di depan dan halaman 2 di belakang). Apabila terdapat 8 halaman maka printer akan mencetak hanya 4 halaman saja dan sisanya 4 halaman berikutnya untuk bagian belakang, jadi jika sudah mencetak 4 halaman pertama (setengah buku)  printer akan berhenti otomatis untuk memberikan waktu supaya kita bisa mebalikan kertas untuk pencetakan/print 4 halaman terakhir pada bagian belakang kertas.

Duplex Printing bisa dekenal juga dengan istilah DOUBLE SIDE PRITING atau  2 SIDED PRINTING

Karena saya membuat 8 halaman maka pencetakan/print 4 halaman pertama seperti gambar di bawah ini. Untuk halaman 1 akan bersebelahan dengan halaman terakhir (halaman 8), sedangkan halaman 3 akan bersebelahan dengan halaman 6. book fold 9 Jika sudah setengah buku maka printer akan otomatis berhenti agar kita bisa membalikan kertas book fold 10 Dan di bawah ini 4 halaman atau setengah buku terakhir, untuk halaman 2 akan bersebelahan dengan halaman 7, dan halaman 4 akan bersebelahan dengan halaman 5. book fold 11 Jadi dari 8 halaman itu kita hanya menggunakan 2 lembar kertas (F4/Folio/HVS), dengan kata lain duplex printing ialah proses pencetakan/printing dengan penghematan kertas. berikut ini hasil akhirnya setelah kertas dilipat menjadi dua bagian (buku) cara membuat buku lipat book fold Nah demikianlah cara pembuatan book fold atau buku lipat, mudahkan…?? selamat mencoba..

P E N T I N G   :

JIKA HASIL PRINT DI DALAM DOKUMEN GAMBARNYA LONCAT – LONCAT ATAU PINDAH KE HALAMAN LAIN,

MAKA DOKUMEN MS. WORD TERSEBUT HARUS DI SAVE AS KE

WORD 97 – 2003 DOCUMENT

save as 97-2003

sekali lagi untuk rekan-rekan yang telah membantu baik berupa saran dan kritiknya saya ucapkan terima kasih banyak

 

About these ads

123 comments on “CARA MEMBUAT BUKU LIPAT ATAU BOOK FOLD PADA MS. OFFICE 2007

  1. mas, saya uda coba save as ke ms word 97-2003. pas di preview udah nampak gambarnya nyatu dengan teks, tapi saat di print kok ga keluar yaa gambarnya?
    mohon dibantu yaa mas. makasih

    • kalo pas di print gambar ga keluar saya kurang tau tuh, tapi yang saya coba setelah di save as ke word 97-2003 document hasilnya bagus gambar dan tulisannya sesuai dengan dokumen aslinya gambar tidak loncat atau berpindah ke halaman lain..
      kalo boleh tau di save as nya ke word 97-2003 document atau word 97-2003 template…????
      kalo saya di save as ke word 97-2003 document…

    • kalo jumlah halaman mau berapa sih terserah bisa aja tergantung isi dokumen nya kalo dokumennya banyak yang bisa lebih dari seratus, kalo dokumenya sedikit bisa kurang jumlah halamannya juga.
      jumlah halamannya itu tergantung kita nya, berapa banyak dokumen yang kita buat.. kalo mau banyak ya terus aja ketik isi buku atau dokumennya sebanyak mungkin, cuma untuk sebanyak itu saya belum coba, saya hanya coba untuk contoh saja..
      jadi seperti kita membuat makalah/skripsi banyaknya jumlah halaman tergantung data/dokumen/isi buku yang kita buat atau ketik…
      maaf kalo kurang puas atas jawabannya, terima kasih.

  2. Tank’s bro!!! ada cara paling mudah tanpa harus mengatur ulang dokumen yang sudah ada dengan size menyesuaikan secara otomatis. Langkah pertama anda harus menggunakan MS 2010. Caranya setelah dokumen telah siap langsung Print aja, stelah masuk di menu PRINT click Printer Propesties setelah itu click Page Setup, Lihat menu Page Layout click Booklet lalu click OKE.

    • kalo ga salah menu booklet juga ada ya pada tampilan file PDF jika mau print..??

      jadi ketika page setup seperti mengetik biasa saja tanpa merubah ke book fold, cuma pada tampilan printer properties menggunakan pilihan booklet seperti gambar di bawah ini..???
      muhammadaanxfarhan

      oke makasih banyak masukannya, nanti saya coba,,
      cuma masalahnya printer di rumah rusak, paling nunggu printernya sembuh…

      trus kalo menggunakan office 2007 emang ga bisa ya..???

Silahkan Kasih Komentar, GRATISS Loh....!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s