CARA MEMBUAT BUKU LIPAT ATAU BOOK FOLD PADA MS. OFFICE 2007


book fold 12Postingan kali ini di inspirasikan oleh teman saya yang menanyakan “bagaimana cara membuat satu halaman kertas bisa untuk dua halaman?”, jujur saja sebelum mengetahui cara ini saya sendiri kebingungan. Pada mulanya saya menyarankan untuk membuat halaman menjadi dua kolom, akan tetapi jika di buat dengan menggunakan frame/bingkai (border and shading) meskipun dua kolom tapi framenya tetap satu. Kemudian saya ingin mencoba agar frame/bingkai menjadi dua dalam satu halaman kertas, saya coba….dan coba…coba lagi… gagal… dan akhrinya setelah beberapa waktu dengan ketidak kesengajaan alias kebetulan saya menemukan “book fold” pada Page Setup MS. Word, setelah mencari beberapa keterangan di Mbah Gugel akhirnya jadilah tuh yang namanya buku lipat alias Book Fold. Caranya lumayan gampang kok, hehehehe… dan mudah-mudahan bisa bermanfaat buat semuanya… Langkah pertama, buka program MS. Word, kemudian pada menu bar pilih >> PAGE LAYOUT >> PAGE SETUP >> PAPER (kali ini saya pilih kertas F4/Folio karena tidak ada saya pilih Custom Size (21,5 x 33 cm) >>MARGINS (isi jarak sesuai keinginan anda) >> MULTIPLE PAGE LAYOUT (pilih (BOOK FOLD) kemudian klik OK book fold 1 Dan dibawah ini tampilan halaman book fold, terlihat seperti tampilan biasa namun dua halaman tersebut masih berada dalam satu halaman kertas. book fold 2 Tahap berikutnya yaitu menambahkan bingkai/frame, pilih >> BORDER AND SHADING book fold 3 Pada menu >> BORDER AND SHADING >> pilih Page BORDER >> pada kotak pilihan ART (pilih jenis frame pilihan anda) >> klik OPTION >> isi jarak margin terserah anda >> pada kotak MEASURE FROM Pilih TEXT dan hilangkan tanda ceklis pada kotak dibawahnya >> klik OK book fold 4 Jika frame/bingkai sudah ada maka bisa ditambahkan nomor halaman, pada menu bar pilih >>  INSERT >> PAGE NUMBER >> maka pilih dimana anda akan meletakan posisi nomor halamannya. book fold 5 Dibawah ini tampilan halaman sudah dibubuhi nomor halaman dan frame/bingkai book fold 6 Langkah berikutnya ialah membuat dokumen atau isi dari buku yang akan kita buat. book fold 7 Tahap selanjutnya ialah pencetakan atau printing, pada dasarnya print untuk BOOK FOLD sama seperti biasanya namun terletak perbedaannya yaitu pada “DUPLEX PRINTING”. Pada tampilan PRINT >> Pilih PROPERTIES >> Pilih PAGE SETUP >> untuk PAGE SIZE sesuaikan dengan kertas yang akan di cetak/print >> kemudian ceklis atau centang kotak DUPLEX PRINTING >> klik OK

book fold 8 CATATAN :

 

Penggunaan Duplex Printing ialah untuk mencetak/print halaman pada bagian depan dan belakang kertas, karena pencetakan untuk buku biasanya bolak-balik (halaman 1 di depan dan halaman 2 di belakang). Apabila terdapat 8 halaman maka printer akan mencetak hanya 4 halaman saja dan sisanya 4 halaman berikutnya untuk bagian belakang, jadi jika sudah mencetak 4 halaman pertama (setengah buku)  printer akan berhenti otomatis untuk memberikan waktu supaya kita bisa mebalikan kertas untuk pencetakan/print 4 halaman terakhir pada bagian belakang kertas.

Duplex Printing bisa dekenal juga dengan istilah DOUBLE SIDE PRITING atau  2 SIDED PRINTING

Karena saya membuat 8 halaman maka pencetakan/print 4 halaman pertama seperti gambar di bawah ini. Untuk halaman 1 akan bersebelahan dengan halaman terakhir (halaman 8), sedangkan halaman 3 akan bersebelahan dengan halaman 6. book fold 9 Jika sudah setengah buku maka printer akan otomatis berhenti agar kita bisa membalikan kertas book fold 10 Dan di bawah ini 4 halaman atau setengah buku terakhir, untuk halaman 2 akan bersebelahan dengan halaman 7, dan halaman 4 akan bersebelahan dengan halaman 5. book fold 11 Jadi dari 8 halaman itu kita hanya menggunakan 2 lembar kertas (F4/Folio/HVS), dengan kata lain duplex printing ialah proses pencetakan/printing dengan penghematan kertas. berikut ini hasil akhirnya setelah kertas dilipat menjadi dua bagian (buku) cara membuat buku lipat book fold Nah demikianlah cara pembuatan book fold atau buku lipat, mudahkan…?? selamat mencoba..

P E N T I N G   :

JIKA HASIL PRINT DI DALAM DOKUMEN GAMBARNYA LONCAT – LONCAT ATAU PINDAH KE HALAMAN LAIN,

MAKA DOKUMEN MS. WORD TERSEBUT HARUS DI SAVE AS KE

WORD 97 – 2003 DOCUMENT

save as 97-2003

sekali lagi untuk rekan-rekan yang telah membantu baik berupa saran dan kritiknya saya ucapkan terima kasih banyak

 

184 comments on “CARA MEMBUAT BUKU LIPAT ATAU BOOK FOLD PADA MS. OFFICE 2007

    • yang ga nyusun itu isi dokumen apa halamannya..??

      jika isi dokumen (gambar/image) ga nyusun jadi loncat ke halaman lain, coba file nya di SAVE AS KE WORD 97 – 2003 DOCUMENT

      jika halamannya tidak nyusun ketika di print, pada pilihan page range ALL bukan current page atau page tertentu saja tapi semua di print (all)
      kemudian pada print properties centang kotak/pilih DUPLEX PRINTING jika menggunakan printer canon, dan pilih 2-SIDED PRINTING jika menggunakan epson,
      biar nanti otomatis print sendiri untuk sesi pertama dan tunggu jeda akan ada tampilan di layar komputer untuk membalikan kertas dokumen anda untuk print bagian belakang kertas atau sisanya..
      jadi ga usah bingung ngurus halaman berapa dulu yg di print, untuk halaman nanti otomatis milih sendiri bagian mana yang akan di cetak pertama..

      jadi saran saya coba dulu dengan sedikit halaman, coba 8 halaman atau 12 halaman book fold,,,

        • sama saya juga pertama bikin bingung gambarnya ko loncat/pindah ke halaman lain, yang seharus nya gambar ada di halaman 1 pas di print gambarnya ada di halaman terakhir, padahal di tampilan dokumen pada komputer gambarnya tidak kemana-mana… kan aneh..???
          akhirnya ada yg ngasih tau coba filenya di save as ke word 97-2003 document, dan setelah saya coba alhamdulillah gambarnya tidak loncat-loncat lagi..

          coba file nya di SAVE AS ke WORD 97-2003 DOCUMENT

          muhammadaanxfarhan

          jadi coba print dari file yang sudah di SAVE AS KE WORD 97-2003 DOCUMENT, JANGAN PRINT dari FILE YG SEBELUM DI SAVE AS
          berikut file yg sudah di SAVE AS KE WORD 97-2003 DOCUMENT

          muhammadaanxfarhan

    • kalo setengah dulu saya ga tau tuh, karena saya belum nyoba, karena jika kita print (all) nanti ada 2 tahap print nya itu pun sudah otomatis di atur sama komputernya kita nanti cuma tinggal membalikan kertas untuk print tahap kedua atau bagian belakang halaman/kertas tersebut. ketika beres tahap 1 nanti ada pemberitahuan untuk melanjutkan print tahap kedua setelah kertasnya dibalikan.

      berikut pemberitahuan untuk membalikan kertas dan melanjutkan ke tahap dua setelah anda membalikan kertas tersebut
      muhammadaanxfarhan

    • kalo setengah dulu saya ga tau tuh, karena saya belum nyoba, karena jika kita print (all) nanti ada 2 tahap print nya itu pun sudah otomatis di atur sama komputernya kita nanti cuma tinggal membalikan kertas untuk print tahap kedua atau bagian belakang halaman/kertas tersebut. ketika beres tahap 1 nanti ada pemberitahuan untuk melanjutkan print tahap kedua setelah kertasnya dibalikan.

      berikut pemberitahuan untuk membalikan kertas dan melanjutkan ke tahap dua setelah anda membalikan kertas tersebut.
      muhammadaanxfarhan

Silahkan Kasih Komentar, GRATISS Loh....!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s