FC BARCELONA RAIH 6 TROFI DI TAHUN 2009


Barcelona Tim Terbaik Dunia

BARCA SANG PENGUASA

bravo barcelonista…!!!

LEMBAR sejarah kitab sepak bola dunia kembali memunculkan nama Barcelona dalam ukiran emas sebagai klub paling superior sejagat Tim asal Catalonia itu menutup tahun 2009 dengan goresan prestasi sensasional yang layak disebut sempurna.Secara mutlak, Barca menguasai sepak bola level klub musim 2009 berkat kesempurnaan yang mereka capai di setiap ajang yang mereka ikuti. “Los Fantasticos” berhasil memahat namanya dalam sejarah sebagai tim pertama yang sanggup menjuarai enam kompetisi dalam satu musim.

Gelar juara Piala Dunia Antarklub di Uni Emirat Arab adalah penutup tahun gemilang Barca.Bertarung di Zayed Sports City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (19/12), “Blaugra-na” menumbangkan kampiun Amerika Selatan Estudiantes 2-1 untuk menjadi yang terbaik di muka bumi, sekaligus menebus kegagalan pada 1992 dan 2006.Sinyal keganasan “El Barca” untuk menjadi yang terbaik di segala ajang sebenarnya sudah tampak ketika mereka sanggup mempertahankan gelar juara La Uga Spanyol, meski berada dalam situasi meragukan setelah perpindahan tongkat pelatih dari Frank Rijkaard ke tangan pelatih muda penuh keraguan, Josep Pep Guardiola.

Namun, mental juara Pep sebagai mantan pemain dan darah Catalonia yang mengalir di dalamnya bisa menularkan sebuah gaya sepak bola indah yang bertumpu pada kualitas para pemain produksi La Masia, akademi sepak bola Barcelona.Pep memang sempat tersendat pada awal musim karena kekalahan dari Numancia. Tetapi setelah itu, sepak bola atraktif ala Barcelona tak terbendung. Mereka bisa menghancurkan rival abadi Real Madrid dalam kemenangan back to back “El Cla-sico”.

Menang 2-0 di Nou Camp dan mengukir sejarah mem lukan bagi “El Real” dengan membantai Raul Gonzalez dkk. 6-2 di Santiago Bernabeu. Dua kemenangan itu berkontribusi besar pada keberhasilan Barca meraih 87 poin dari 38 laga untuk merebut gelar pertamanya musim ini, juara La Liga.

Trofi kedua hadir berupa trofi ke-26 Piala Raja Spanyol setelah mereka menundukkan Athletic Bilbao 4-1 dalam dua duel. Superioritas Barca juga tidak bisa ditandingi di ajang Uga Champions Eropa. Diapit tiga klub Inggris, Manchester United (MU), Chelsea, dan Arsenal pada semifinal, Carles puyol dkk. bisa menang dramatis atas Chelsea sebelum membungkam juara bertahan MU 2-0 berkat gol Samuel Etoo dan Messi.

Dengan tiga gelar itu saja, Barca sudah mengukir sejarah di daratan Spanyol sebagai tim pertama yang bisa mengukir treble winners, prestasi yang cukup membuat muka Real Madrid merah marah dan langsung merespons dengan mega-transfer gila-gilaan bernilai Rp 3,5 triliun dalam wujud Cristiano Ronaldo, Kaka, Xabi Alonso, Raul Albiol, dan Karim.Barca hanya menyaingi megaprojek Neo-Galacticos itu melalui pertukaran Samuel

Etoo dengan Zlatan Ibrahi-movic asal Inter Milan sembari bereksperimen dengan para pemain asal La Masia seperti Pedro Rodriguez, Sergi Busquets, dan Bojan Krkic. Namun, perubahan komposisi pemain tidak berdampak pada patron permaianan ofensif nan elegan yang sudah menjadi cetak biru permaianan Xavi dkk.Buktinya, “The Catalans” bisa kembali menambah gelar prestisius dengan menjuarai Piala Super Spanyol berkat kemenangan 5-1 atas Bilbao dan menjadi yang terbaik di Eropa dalam ajang Piala Super Eropa kontra Shaktar Donetsk.

Setelah lima gelar bisa diraih, Barca pun menegaskan status sebagai yang terbaik lewat keberhasilan merebut supremasi terbaik di muka bumi.Apa yang ditunjukkan Barca sebenarnya merupakan perpaduan tiga elemen penting yang bersenyawa menjadi kekuatan hebat, kebijakan transfer tepat, keberanian melakukan perubahan, dan kepercayaan kepada produk hasil binaan La Masia.Konflik internal era Rijkaard, Ronaldinho, dan Deco membuat manajemen mengambil keputusan dengan mendepak pelatih dan dua pemain yang berjasa mengantarkan trofi La Uga dan Uga Champions 2005.

Alih-alih mengontrak pelatih dan pemain mahal sebagai pengganti, Barca justru menunjuk Pep, pelatih junior yang kemudian menaruh kepercayaan diri besar dan banyak menyalurkan para pemain La Masia ke tim utama. Alasannya, Pep menilai produk La Masia memiliki darah Catalonia, sumber kecintaan besar pada Barcelona yang sangat berarti untuk melecut loyalitas, juga melengkapi kemampuan apik mereka.Maka tengoklah tim utama Barca saat ini, ada delapan pemain produk La Masia yang bertempur secara reguler. Mulai dari Victor Valdes, Gerard Pique, Carles Puyol, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Uonel Messi, Pedro Rodriguez, sampai Sergi Busquets.

Uonel Messi, pemain terbaik Eropa 2009, bahkan berpotensi Iebih mengibarkan nama Barca karena dia adalah kandidat kuat peraih gelar pemain terbaik dunia versi FIFA.Permainan ofensif dengan penguasaan bola dominan dan aliran umpan pendek yang menjadi ciri khas Barca juga belum padam meski sudah berstatus kolektor enam gelar. Musim 2009-2010 ini, mereka memulai La liga dengan sejarah baru, memimpin klasemen berkat lima belas laga tak terkalahkan, termasuk memenangi duel “EI Clasico” kontra “Neo-Galacticos”. Thierry Henry dkk. juga berpeluang mempertahankan gelar Eropa dan Piala Raja setelah lolos ke “16 Besar” Uga Champions dan putaran “16 Besar” Copa del Rey.

Apa yang dilakukan Barca tentu menjadi pemandangan segar sekaligus mengagumkan jika melihat aksi para klub kaya yang mengharapkan hadirnya prestasi instan dengan pembelian pemain berbandrol mahal.Real Madrid menghabiskan dana triliunan, tetapi sudah tersingkir secara memalukan dari ajang Copa del Rey. Simbol pemborosan lainnya adalah Manchester City yang sudah menabur uang Rp 2 triliun demi memboyong para pemain tenar seperti Carlos Tevez, Emmanuel Adebayor, dan Robinho, dengan tujuan untuk bisa menyaingi “Big 4” Inggris.

Kebijakan transfer kedua tim ini mendapat cibiran banyak pihak, termasuk Presiden UEFA, Michele Platini, dan para pemain internasional lainnya. Pasalnya, gelontoran uang itu dikuncurkan ketika dunia tengah mengalami krisis finansial.Namun, kejayaan Barcelona dengan produk La Masia seolah mempertegas kenyataan bahwa pemain mahal tak serta merta mendatangkan prestasi. Kese-nyawaan sebagai sebuah tim, motivasi dan integritas tinggi, rasa haus akan gelar, serta abili-tas menerjemahkan strategi adalah senjata utama Barcelona menguasai tahun 2009 dengan prestasi yang mungkin akan sulit dicapai klub manapun di dunia ini.

Berikut ini catatan juara Barcelona di tahun 2009:

Liga Spanyol
Finish teratas dengan nilai 87 dari 38 pertandingan.

Copa del Rey
Menang agregat 4-1 atas Athletic Bilbao

Liga Champions
Menang 2-0 atas Manchester United di final

Piala Super Spanyol
Menang agregat 5-1 atas Athletic Bilbao

Piala Super Eropa
Menang 1-0 atas Shakhtar Donetsk

Piala Dunia Antarklub
Menang 2-1 atas Estudiantes

SUMBER: Arif Budi kri skm to/”PR”

Iklan

22 comments on “FC BARCELONA RAIH 6 TROFI DI TAHUN 2009

Silahkan Kasih Komentar, GRATISS Loh....!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s