CARA MENGURUTKAN CATATAN WAKTU DARI YANG TERCEPAT ATAU TERKECIL


Berikut ini cara mengurutkan catatan waktu dari yang tercepat ataupun sebaliknya, ini mungkin bisa diaplikasikan pada perlombaan ajang balap mobil ngepot alias slalom. Ya setidaknya ini cara manual yang saya pahami, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Tahap pertama buatlah tabel pada MS. Excel untuk menginput data dari hasil balapan, baik nama peserta, nomor start, tim, kota asal pembalap, catatan waktu tempuh, pinalti atau hukuman, seperti gambar di bawah ini :

tczr 1

Kemudian untuk mengisi catatan waktu pada kolom waktu/pinalti/total waktu, sesuaikan cara penulisan waktunya yaitu, blok area untuk mengisi catatan waktu kemudian klik kanan dan pilih FORMAT CELLS, dan pada FORMAT CELLS pilih NUMBER terus pilih CUSTOM dan pada kotak TYPE cari untuk catatan waktu yaitu : mm:ss,0 (untuk 0 Nol dibelakang koma bisa ditambah sesuai keinginan) seperti gambar di bawah ini :

tczr 2

tczr 3

Kemudian setelah tabel di isi dengan catatan waktu tempuh yang didapat, maka kita tinggal menjumlahkan (dengan rumus penjumlahan) untuk mendapatkan TOTAL WAKTU yang nantinya akan diurutkan. Seperti gambar di bawah ini :

tczr 4

Setelah kolom TOTAL WAKTU terisi, maka tinggal kita FILTER untuk menyortir/menyaring dan juga untuk mengurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar ataupun sebaliknya. Caranya yaitu blok area/baris pada tabel paling atas (berwarna biru) kemudian pada menu pilih DATA dan pilih FILTER. Seperti gambar di bawah ini ;

tczr 5

Setelah di FILTER kita gampang untuk menyortir/menyaring juga untuk mengurutkan waktu tercepatnya. Berikut Cara Untuk Menyortir / Menyaring Untuk KELAS A, untuk menyortir Centang KOTAK A saja yang lainnya tetap dikosongkan, seperti gambar berikut ini :

tczr 6

Hasil setelah disortir/disaring untuk KELAS A, seperti gambar berikut ini :

tczr 7

Setelah di FILTER kita gampang untuk menyortir/menyaring juga untuk mengurutkan waktu tercepatnya. Berikut Cara Untuk Mengurutkan Untuk KELAS A, untuk mengurutkan dari yang terkecil klik SORT SMALLEST TO LARGEST seperti gambar berikut ini :

tczr 6a

Hasil setelah di urutkan dari yang tercepat, seperti gambar berikut ini :

tczr 8

7 comments on “CARA MENGURUTKAN CATATAN WAKTU DARI YANG TERCEPAT ATAU TERKECIL

  1. Bang sory melenceng, mau tanya. Abang sya pernah baca comment d blog lain katanya pernah kerja d PT.GCI Indonesia jadi DT selama 3 minggu ya bang? Ko bisa 3 minggu bang? Soalnya saya bru joint juga d kontrak training 3 bulan abis itu kontrak setaun. Apa abang keluar? Terus kalo keluar itu kena penalty ga bang? Soalnya kan ijazah juga di tahan. Makasih bang, d tunggu jawabannya

    • cerita dikit ya, btw GCI yang di penjernihan kan..???
      jd gini dulu saya pernah di twarain/diajak sama sodara mau/bisa ga DT??
      trus saya bilang gmn kerjaannya?? ya gitu cuma ngecek sinyal doang pake laptop, 2 hp, 1 gps
      ya udh coba dulu deh.. nah baru di bawa ke GCI, ketemu saya sama leadernya waktu itu mas ardy gala
      saya di suruh ikut2 aja dulu, belajar dulu, sama mentor waktu itu eswold, sekrg eswold di bandung
      jujur saja waktu itu saya tidak langsung melamar cuma di tawarin…
      waktu itu hampir bersamaan ada yg melamar juga dari neswave namanya willy
      nah saya belajar sambil DT bertiga..
      seiring berjalannyanya waktu, saya belum mendapatkan tools waktu itu jd hanya mencoba menggunakan
      tools punya eswold sama willy (gantian), kata mereka berdua saya disuruh udah teken kontrak aja
      karena secara teori saya sedikit paham jd nanti tinggal minta site yg dekat saja,,,,
      waktu itu katanya kontrak pertama 3 bulan, dan kontrak berikutnya 6 bulan..
      karena saya masih bingung tools belum dapet jg, membuat command squence sama map info kuarng paham
      hanya paham ketika pelaksanaannya saja (project SSV HCPT)…
      karena itulah saya mundur/tidak meneruskannya…
      mungkin kalo saya bisa tidak meutup kemungkinan saya masih disana…

Silahkan Kasih Komentar, GRATISS Loh....!!