SENSASINYA NONTON LANGSUNG F1 DAN MOTOGP SEPANG


 

Mungkin postingan kali ini hanya ingin bercerita tentang pengalaman “nonton balapan”, ya balapan langsung dari sirkuit. Banyak yang mengatakan bahwa nonton balapan lebih enak di depan televisi ketimbang langsung di sirkuit. Itu memang benar saya sendiri tidak memungkirinya, namun ada perbedaanya antara nonton langsung di sirkuit dan nonton di TV.

Kalau nonton di televisi memang enak semua sudut sirkuit terpantau oleh kamera dan juga adanya tayangan ulang, tidak dengan nonton langsung di sirkuit yang hanya bisa kita liat di depan mata saja dan itu pun hanya sepintas kita tidak akan mengetahui apa yang terjadi di sisi lain sirkuit jika terjadi aksi overtaking atau kecelakaan antar pembalap.

gate menuju area main grandstain

Namun yang tidak kita dapatkan adalah “sensasinya” jika nonton di TV, sensasi seperti suara bisingnya knalpot, megahnya sirkuit, gemuruhnya para penonton, serunya melihat secara langsung kesibukan di paddock dan juga bertemu langsung dengan para “rider” apalagi mempunyai tim atau pembalap kesukaan. Dan juga kalo nonton di sirkuit langsung sehabis balapan penonton bisa masuk ke trek lintasan balap untuk menyaksikan podium dari dekat, kalo dipikir pikir kapan lagi nginjak aspal sirkuit sekelas sepang. Selain menyaksikan podium sisanya ya poto poto berselfie ria di lintasan balap. Mungkin itu hanya sebagian yang saya rasakan, sisanya…. sulit untuk diungkapkan dengan kata kata.. heheheheheh….

tiket F1 dan motoGP sepang 2017

Pada awalnya saya sendiri tidak menyangka dan bahkan tidak pernah membayangkan untuk melihat secara langsung balapan jet darat atau F1 dan begitu juga balapan motoGP.

Awalnya ketika saudara saya bekerja di negeri jiran beberapa waktu lalu, alhamdulillah pada waktu itu mungkin dia memiliki rezeki yang lebih, dia mengajak ku untuk nonton motoGP musim 2016. Antara kaget dan bingung dan senang akhirnya aku pun meng iya kannya heheheh…. “rezeki anak soleh” namun ketika itu bisa dibilang dadakan jadi tanpa persiapan tiket nonton balapan, dikasih kabar hari Selasa maka hari Kamisnya berangkat, yang penting berangkat aja dulu tiket urusan belakangan heheheh…

ngintip paddock ferrari

Dan tibalah hari yang dinanti nanti itu.. ketika itu kami hanya datang ke sirkuit pada waktu “race MotoGP” yaitu hari minggu saja, karena hari Jumat dan Sabtunya saudara ku bekerja tidak mengambil cuti libur. Sesampainya di sirkuit sepang kami langsung menuju tempat penjualan tiket, namun ketika itu beberapa kategori tempat duduk sudah terjual habis, yang tersisa hanya untuk C2 yaitu Hillstand bertempat di bukit bukit rerumputan.

Namun alhamdulillah setelah mencari kesana kemari di sekitaran tempat penjualan tiket ada orang yang menjual tiket MotoGP untuk kategori “Main Grandstand” ketika itu dia menjual dengan harga RM 150, ya lumayan mahal sih…. namun daripada jauh jauh ga jadi nonton akhirnya kami beli itu tiket. Setelah itu kami bergegas menuju gerbang masuk sirkuit sepang..

Pengalamanku ketika pertama kalinya menginjakan kaki di sana hanyalah terpana.. alhamdulillah ya Allah…

suasana pit lane walk F1

Maka dari pengalaman itulah untuk kedua kalinya nonton balapan di sirkuit sepang di musim berikutnya 2017 sedikit ada persiapan, ya tentu saja persiapan tiket pesawat dan tiket nonton balapannya. Karena dengan persiapan di jauh jauh hari sebelum hari “H” itu bisa dibilang lebih irit alias murah dan juga masih banyak tiket yang tersedia.

Untuk mempersiapkan nonton balapan di musim 2017 kemarin yang jatuh sekitaran bulan Oktober kami sudah membeli tiketnya di bulan Juli, karena sekitar bulan agustus akhir dan september itu tiket sudah banyak yang terjual habis untuk beberapa kategori (khusus motoGP). Begitu juga dengan tiket pesawat, jika jauh jauh hari untuk booking tiket itu bisa meminimalisir pengeluaran.

TCZR goes to sepang 2017

Selain tiket mungkin penginapan atau hotel yang harus dipersiapkan, namun saya sendiri alhamdulillah karena ada tempat saudara di sana jadi tinggal di apartemen tidak harus ke penginapan. Itu pun menjadi salah satu tips untuk meminimalisir pengeluaran, karena biaya untuk hotel lumayan lah jika kita gunakan untuk keperluan lainnya.

Biasanya event balapan digelar selama 3 hari, yaitu Jum’at, Sabtu, dan Minggu. Untuk hari jumat biasanya untuk latihan bebas, sabtu qualifikasi dan minggu untuk balapannya sendiri. Dan biasanya dalam gelaran F1 maupun MotoGP sering juga disisipkan balapan yang lainnya seperti Asia Talant Cup, moto3 dan moto2 dalam MotoGP dan balapan formula 4, Porsche Carrera Cup dalam F1.

Porsche Carrera Cup

Menuju sirkuit sepang saya menggunakan bis yang sudah disediakan oleh panitia setempat, kalau di Indonesia mungkin seperti busway atau damri. Biasanya untuk tujuan Sirkuit Sepang bis di pusatkan di beberapa lokasi pemberangkatan seperti bandara KLIA, KL Sentral, juga KLCC. Untuk tiketnya return atau pulang pergi sekitar RM 35, jika satu jalan hanya RM20. Dan ketika itu saya berangkat dari KL Sentral setelah naik LRT dari apartemen saya di sekitar stesen Lembah Subang Petaling Jaya.

sensasinya berfoto di trek lintasan sepang setelah race

Untuk hari jumat selain latihan bebas ada juga beberapa agenda lainnya seperti autograph alias minta foto dan tanda tangan bareng pembalap, Pit Lane Walk dan yang lainnya.. namun saya sendiri hanya mengikuti “Pit Lane Walk” saja karena hanya ingin melihat dan merasakan langsung berjalan di paddock.

setelah race penonton bisa masuk ke lintasan balap untuk melihat podium

Pada hari jumat akses ke semua kategori tempat duduk gratis, tiket diberlakukan hanya untuk hari Sabtu dan Minggu. Namun untuk masuk ke paddock atau “Pit Lane Walk” itu terbatas dan juga hanya untuk pemegang tiket VIP dan “Maingrand Stand”. Untuk mendapatkan tiket “Pit Lane Walk” memang gratis juga bagi pemegang tiket tersebut namun tidaklah mudah untuk mendapatkannya, karena harus mengantri dengan para penonton yang lainnya.

Namun sangat disayangkan untuk event F1 di musim 2018 Sirkuit Sepang sudah tidak termasuk di dalam agenda F1, 2017 adalah musim terakhir F1 di gelar di Sirkuit Sepang. Hanya event MotoGP lah yang diperpanjang kontraknya, dan mudah mudahan Sirkuit Jakabaring Palembang bisa terlaksana menggelar event balapan sekelas MotoGP dan F1, Amin.

General map/peta sirkuit sepang Malaysia

berikut kisaran harga tiket musim 2017 yang lalu

general map/peta sirkuit sepang, berikut harga tiket tahun 2017 kemarin

 

Berikut harga tiket MotoGP musim 2018

harga tiket MotoGP sepang musim 2018

Silahkan Kasih Komentar, GRATISS Loh....!!