FADHILAH DAN KHASIAT SURAT YAASIIN


 

A.      Pengertian Surat Yaasiin

Surat Yaasiin adalah surat yang dalam urutan Al Qur’an adalah surat ke-36, terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surat Makkiyah, diturunkan setelah surat Jin. Dinamai “Yaasiin” karena dimulai dengan huruf “Yaa siin” dipermulaan ayat.

B.      Pokok-pokok Isinya

Kandungan dalam surat Yaasiin berisi :

1.       Keimanan :

Bukti-bukti adanya hari berbangkit; Al Qur’an bukanlah syair; ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah; surge dan sifat-sifatnya yang disediakan bagi orang-orang mukmin; mensyucikan Allah dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya; anggota badan manusia menjadi saksi pada hari kiamat atas segala perbuatannya di dunia.

2.       Kisah :

Kisah utusan-utusan Nabi Isa as. dengan penduduk Anthakiyah.

3.       Dan lain-lain :

Tidak ada faidah peringatan bagi orang-orang musyrik; Allah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan; semua bintang-bintang di cakrawala berjalan pada garis edar yang telah ditetapkan Allah; ajal dan hari kiamat datangnya secara tiba-tiba; Allah menghibur hati Rasulullah Saw. terhadap sikap kaum musyrikin yang menyakitkan hatinya.

C.      Fadhilah dan Khasiat Surat Yaasiin

Surat Yaasiin merupakan jantung Al Qur’an, sehingga mempunyai fadhilah dan khasiat yang banyak sekali bagi pembacanya, antara lain :

  • Jika dibacakan pada orang yang sedang sekarat akan mati, dapat mempermudah dan mempercepat keluarnya ruh.

Rasulullah saw bersabda :

“Bacakanlah untuk orang (yang akan) mati surat Yaasiin”. (HR. Imam Abu Dawud)

  • Dengan membaca surat Yaasiin Allah menetapkan pahala seperti membaca Al Qur’an 10 kali.

Dari Anas ra. ia berkata : Rasulullah saw. Bersabda :

“Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantung hatinya, sedangkan jantung hati Al Qur’an adalah surat Yaasiin. Barang siapa membaca surat Yaasiin, maka Allah menetapkan baginya seperti membaca Qur’an sepuluh kali”.

  • Dapat memberi syafaat bagi pembacanya, memberi ampunan pendengarnya, mendapatkan kebaikan di dunia, hilang ketakutannya di hari kiamat, menolak kejahatan dan didatangkan segala hajatnya.

Dari Aisyah ra. bahwasanya Rasulullah saw bersabda :

“Bahwasanya di dalam Al Qur’an itu ada sati surat yang dapat member syafaat kepada pembacanya dan memberi ampunan  bagi pendengarnya, ketahuilah yaitu surat Yaasiin, yang dalam Taurat dinamakan “Al Mu’ammah”. Ditanyakan : Ya Rasulullah apakah Al Mu’ammah itu? Beliau bersabda: “Yang menjadi penyebab bagi orang yang membaca dan mendengar mendapatkan kebaikan di dunia dan menghilangkan ketakutan di akhirat. Dan surat Yaasiin itu juga disebut “Ad Dafi’ah” dan “Al Qadiyah”. Ditanyakan oleh sahabat : “Ya Rasulullah, mengapa demikian?” Beliau bersabda : “karena dapat menolak kejahatan dan dikabulkan segala hajatnya bagi orang yang membacanya.

  • Dapat meringankan siksa kubur.

Dari Anas ra. Bahwasanya Rasulullah saw bersabda :

“Barang siapa masuk ke kuburan lalu membaca surat Yaasiin, maka Allah meringankan siksa ahli kubur pada hari itu, dan pembacanya memperoleh kebaikan sebanyak orang yang ada di dalamnya.”

  • Jika dibaca pada malam Jum’at maka mendapat ampunan.

Dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah saw bersabda :

“Barang siapa membaca surat Yaasiin pada malam Jum’at, maka paginya mendapatkan ampunan”.

  • Dengan membaca surat Yaasiin dapat memperoleh kemudahan.

Disebutkan dalam hadits Ad Darimi dari Syahr bin Hausab ia berkata, Ibnu Abbas berkata :

“Barang siapa membaca surat Yaasiin di waktu pagi, maka akan mendapatkan kemudahan di hari itu hingga sore. Dan siapa yang membacanya di permulaan malam, maka akan mendapatkan kemudahan pada malam itu sampai pagi”.

  • Aurad surat Yaasiin untuk mendatangkan berbagai hajat, dalam kitab Sa’adatud Darain yang di kutip dari Minhajul Hanif disebutkan, ada faidah yang besar sekali untuk mendatangkan berbagai hajat dengan aurad surat Yaasiin. Caranya dengan membaca surat Yaasiin 7 kali waktunya sesudah Shalat Shubuh.

 

Aturannya demikian :

Dalam membaca lafadh Yaasiin

Dibaca 7 kali

Jika sampai ayat dzalika taqdiirul ‘aziizil ‘aliimi

Dibaca 14 kali

Kalau sampai ayat salam, qaulan min rabbir rahiimi

Dibaca 7 kali

Dan ayat awalaisal ladzii khalaqas samaawaati wal ardha biqaadirin ‘alaa an-yakhluqa mitslahum balaa, wa huwal khallaaqul ‘aliimu

Dibaca 12 kali

Setelah selesai lalu membaca surat Al Fatihah satu kali dan basmalah satu kali. Kemudian memohon kepada Allah Ta’ala apa yang diinginkan. Insya Allah hajatnya cepat dikabulkan asal bukan untuk membahayakan orang lain. Dari Abdullah bin Zubair, bahwa Nabi Saw.  Bersabda :

“Siapa yang menjadikan surat Yaasiin di permulaan hajatnya, maka hajatnya di kabulkan”.

  • Jika surat Yaasiin dibaca di tengah malam sebanyak 4 kali atau 35 kali secara rutin, maka khasiatnya dapat memperluas rezeki dan memperlancar datangnya rezeki. Begitu juga jika dibaca 41 kali, maka hajatnya dikabulkan oleh Allah.

4 comments on “FADHILAH DAN KHASIAT SURAT YAASIIN

Silahkan Kasih Komentar, GRATISS Loh....!!